1. Pusat Informasi, Dokumentasi, dan Keluhan mempunyai tugas:
    1. Mengolah data base sumber daya di lingkungan Universitas Brawijaya,
    2. Menghimpun dan mengelola dan informasi di lingkungan Universitas Brawijaya,
    3. Update klasifikasi informasi,
    4. Menyebarluaskan informasi,
    5. Melayani permintaan informasi,
    6. Menyiapkan informasi dan sistemnya yang dapat diakses semua pihak,
    7. Menerima keluhan/keberatan dan sengketa informasi, baik secara langsung maupun secara online,
    8. Membuat laporan indeks kepuasan pengguna jasa layanan,
    9. Membuat laporan rekapitulasi keluhan.
  2. Pangkalan Data, Informasi dan Keluhan terdiri atas: Seksi Data, dan Seksi Pelayanan Keluhan.
    1. Seksi Data mempunyai tugas:
      1. Menghimpun data base sumber daya di lingkungan Universitas Brawijaya,
      2. Membantu mengolah data,
      3. Melayani permintaan data,
      4. Membuat laporan indeks kepuasan pengguna jasa layanan,
      5. Membantu update content web.
    2. Seksi Pelayanan Keluhan mempunyai tugas:
      1. Menghimpun data dan informasi keluhan di lingkungan Universitas Brawijaya,
      2. Membantu mengolah data dan informasi keluhan,
      3. Membuat laporan rekapitulasi keluhan.
      4. Melayani permintaan informasi,
      5. Membantu update content web.

Kewajiban Universitas Brawijaya sebagai Badan Publik :

  1. Menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan Informasi
  2. Menyediakan informasi publik yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan
  3. Membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi
  4. Membuat pertimbangan secara tertulis

Peran strategis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) / Pusat Informasi dan Keluhan (PIDK) Universitas Brawijaya sebagai mediator antara Publik dan Universitas Brawijaya, sehingga Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Universitas Brawijaya berperan sebagai penjuru pencitraan untuk menghubungkan Universitas Brawijaya dengan Publik dan membangun kepercayaan Publik terhadap Universitas Brawijaya.
Adapun SK PPID dapat dilihat di sini.

Dalam hal kewajiban mengumumkan Informasi Publik, PIDK bertugas untuk mengkoordinasi :

  1. Pengumuman Informasi Publik melalui media yang secara efektif dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan; dan
  2. Penyampaian Informasi Publik dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami serta mempertimbangkan penggunaan bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat.

Dalam hal adanya permohonan Informasi Publik, PIDK bertugas :

  1. Mengkoordinasikan pemberian Informasi Publik yang dapat diakses oleh publik dengan petugas informasi di berbagai unit pelayanan untuk memenuhi permohonan Informasi Publik;
  2. Melakukan pengujian konsekuensi yang timbul sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dikecualikan;
  3. Menyertakan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak;
  4. Menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya; dan
  5. Mengembangkan kapasitas pejabat fungsional dan/ atau petugas informasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan Informasi Publik.

Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, PIDK berwenang:

  1. Mengkoordinasikan setiap unit/ satuan kerja di Badan Publik (UB) dalam melaksanakan pelayanan Informasi Publik;
  2. Memutuskan suatu Informasi Publik dapat diakses publik atau tidak berdasarkan pengujian tentang konsekuensi
  3. Menolak permohonan Informasi Publik secara tertulis apabila Informasi Publik yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan/ rahasia dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut; dan
  4. Menugaskan pejabat fungsional dan/ atau petugas infomasi dibawah wewenang dan koordinasinya untuk membuat, memelihara, dan/ atau memutakhirkan Daftar Informasi Publik secara berkala sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan dalam hal pejabat fungsional atau petugas informasi

Tugas PIDK Universitas Brawijaya:

  1. Menghimpun data/ dokumen dari satuan kerja di lingkungan Universitas Brawijaya
  2. Mengelola (analisis) infomasi dan dokumen yang masuk
  3. Update klasifikasi informasi/ dokumen
  4. Menentukan (mengatur) informasi/ dokumen
  5. Menyebarluaskan informasi / dokumen
  6. Melayani permintaan informasi/ dokumen
  7. Menyiapkan informasi/ dokumen yang dapat diakses dan sistem untuk akses
  8. Menerima keberatan dan sengketa informasi
  9. Mengelola keluhan pengguna jasa layanan

Struktur Organisasi PIDK

Struktur Organisasi PIDK sesuai dengan Peraturan Rektor Universitas Brawijaya Nomor 41 tahun 2015 tentang Struktur Organisasi PPID
ppidstruct
Silahkan klik gambar untuk melihat ukuran lebih besar.