Pelayanan publik kepada mahasiswa, stake holder dan masyarakat umum pengguna jasa layanan di Universitas Brawijaya (UB) sampai saat ini sudah berjalan lancar, akan tetapi masih belum sepenuhnya memenuhi kualitas atau kepuasan yang diharapkan pengguna jasa. Maka dari itu diperlukan pengukuran tingkat keberhasilan layanan berupa survey indeks kepuasan masyarakat (IKM) / Evaluasi kepuasan pengguna jasa Universitas Brawijaya.

Survey tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan data dukung Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), sistem manajemen ISO 9001:2008, dan evaluasi perbaikan layanan UB, dan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di UB.

Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (pengguna jasa UB) dilaksanakan secara berkala 1 kali dalam setahun (dilaksanakan akhir tahun) dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kinerja layanan di UB sebagai bahan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik pada tahun berikutnya dan seterusnya. Sebagai sasaran Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (pengguna jasa) UB pada tahun 2015 adalah mahasiswa, dosen, karyawan, alumni, dan pihak luar UB di lingkungan UB dengan melibatkan sebanyak total 5.235 responden dengan waktu pelaksanaan survey antara tanggal  8 November 2015 – 30 November 2015. Berikut ini kami sampaikan beberapa hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (pengguna jasa UB) tahun 2015.

1.    Tabel Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) UB Tahun 2015

1
2.    Grafik Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) UB Tahun 2015

2
3.    Tabel Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) dari per jenis responden UB Tahun 2015

3
4.    Grafik Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) dari per jenis responden UB Tahun 2015

4
5.    Perkembangan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) UB dari tahun 2013-2015

5
6.    Perkembangan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) UB dari per jenis responden dari tahun 2013-2015

6