Ditulis pada tanggal 17 Januari 2020, oleh PIDK UB, pada kategori Berita

Universitas Brawijaya (UB) selaku badan publik/instusi negara dibidang pendidikan, selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jasa layanan mulai dari mahasiswa, karyawan, dosen, alumni hingga pihak luar non sivitas. Untuk itu  Universitas memiliki sistem layanan yang menampung kritik, saran, dan masukan yang diberi nama E-Complaint UB dengan link e-complaint.ub.ac.id.

Berikut adalah landasan dan tujuan mengapa UB memiliki sistem layanan keluhan e-complaint.ub.ac.id.

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Pasal 36 yang menyatakan bahwa “Penyelenggara layanan publik berkewajiban menyediakan sarana pengaduan dan menugaskan pelaksana yang kompeten dalam pengelolaan pengaduan”
  2. Sistem E-complaint ini adalah dalam rangka pemenuhan standar mutu yang diterapkan UB (SM-UB (SN-Dikti), SMM ISO 9001:2008, dan Standar Pelayanan Prima)
  3. Sebagai bahan pertimbangan untuk peningkatan kualitas layanan di seluruh Fakultas dan Unit Kerja dilingkungan UB

Sebagai bentuk penyampaian informasi dan bukti komitmen UB dalam melayani dan menerima kritik, saran dan masukan adalah sebagai berikut akan kami sampai adapun data keluhan melalui e-complaint UB yang masuk mulai bulan Januari – Desember 2019 adalah sebagai berikut :

Jumlah keluhan total mulai Januari – Desember 2019 adalah 431 keluhan. Adapun yang telah direspon dan selesai ditindaklanjuti adalah sebanyak 401 keluhan (93 %) dan adapun yang masih proses sejumlah 30 keluhan (7 %). UB melalui PIDK bekerjasama dengan Fakultas dan Unit Kerja akan terus berkoordinasi untuk menyelesaikan keluhan yang belum selesai ditindaklanjuti. [Ubd]