Ditulis pada tanggal 26 April 2013, oleh PIDK UB, pada kategori Berita, Pengumuman

Dalam penayangan informasi, akan lebih baik jika materi yang akan Anda sampaikan mudah untuk dicerna dan dinikmati. Sehingga para pemirsa dapat dengan mudah menangkap maksud dari informasi yang Anda berikan.

Berikut ini adalah beberapa panduan dasar untuk menyusun informasi yang akan ditayangkan ke Videotron UB, untuk mencapai tujuan tersebut:

    • Untuk mencapai hasil tayangan yang dapat tampil secara penuh (fullscreen) tanpa adanya letterbox (bagian hitam di bagian atas dan bawah layar) ataupun pillarbox (bagian hitam di bagian kiri dan kanan layar), aturlah ukuran media informasi Anda menjadi beraspek rasio 4:3. *)
      Contoh ukuran untuk media:  800×600, 1024×768
      Ilustrasi jika ukuran media tidak dibuat dengan rasio 4:3
      A. Muncul Letterbox jika media memiliki rasio layar lebar
      B. Muncul Pillarbox jika media memiliki rasio portrait
    • Untuk kenyamanan pemirsa, hindarilah penggunaan latar belakang dominan berwarna terang yang tampil dalam waktu lama. Semisal latar belakang 90% putih dengan teks sederhana. Jika diperlukan penayangan informasi dengan sifat seperti di atas, pergunakanlah latar belakang gelap, dengan warna teks yang terang.Hindari dominasi warna terang yang berlebihan dalam waktu lama
    • Untuk mempermudah pemirsa untuk membaca informasi yang anda sampaikan, hindarilah kombinasi warna-warna yang susah untuk dibaca, tidak nyaman dilihat, atau semacamnya.
      Contoh kombinasi warna yang kurang sesuai:

      1. Warna hijau muda di atas latar belakang kuning
      2. Warna putih di atas latar belakang biru muda
      3. Warna biru tua di atas latar belakang hitam/gelap
      4. Warna hijau muda di atas latar belakang merah terang

      dan warna-warna lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan permasalahan di atas jika digabungkan.

      Contoh penggunaan warna yang kurang sesuai

  • Jika informasi yang disampaikan cukup penting, hindarilah pergerakan yang terlalu cepat. Pastikan informasi Anda bisa dibaca oleh pemirsa dengan baik.
  • Ukuran file tayangan maksimal sebesar 500MB, dengan format yang umum (mp4, avi, mpg, flv, wmv untuk video; jpg, png untuk gambar).
  • Pastikan ukuran font yang digunakan berukuran cukup besar (minimal berukuran 42pt pada ukuran sebuah slide standar powerpoint dimensi 4:3 ), ukuran yang lebih kecil tidak dilarang, namun tidak kami sarankan, karena berkemungkinan besar untuk menjadi tidak terbaca.

Demikian panduan dasar ini kami susun, semoga dapat dipergunakan dengan baik dalam penyusunan materi informasi Anda. Panduan ini dapat kami ubah sewaktu-waktu jika diperlukan.

Selain itu, kami harapkan materi informasi yang kami terima mulai hari Senin, tanggal 29 April 2013, telah mengikuti panduan dasar ini.

Terima kasih.

Catatan kaki:

*) Media informasi dengan aspek rasio layar lebar (widescreen) atau portrait tidak dilarang. Media tersebut tetap dapat ditampilkan di Videotron, namun akan muncul letterbox/pillarbox saat penayangan media tersebut. Dan ada kemungkinan informasi yang ditayangkan menjadi tidak terbaca.