Ditulis pada tanggal 18 Oktober 2018, oleh PIDK UB, pada kategori Berita

Pada hari Selasa tanggal 9 Oktober 2018, bertempat di Hotel Treva Internasional Jakarta, Bapak Dr. Sihabudin, SH., MH. selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pelaksana (PPID) Universitas Brawijaya (UB), didampingi oleh Bapak Dr. Tjahjanulin Domai, MS selaku ketua PIDK memberikan presentasi dan paparan mengenai pelayanan informasi publik di UB di hadapan Komisioner dan Tim Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi pada Badan Publik tahun 2018 dari Komisi Informasi Pusat (KI Pusat). Presentasi dan pemaparan tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian acara Monev Keterbukaan Informasi pada Badan Publik Tahun 2018.

Sebelum kegiatan presentasi dan pemaparan tersebut di atas, sebelumnya Badan Publik peserta Monev harus telah melalui tahapan-tahapan Monev sebelumnya, seperti tahapan pengisian dan pengumpulan Self Assessment Questionnaire (SAQ) terkait. Dalam tahapan pengisian dan pengumpulan SAQ tersebut, Badan Publik harus menjawab sejumlah pertanyaan kuesioner secara mandiri, sesuai dengan keadaan yang sebenarnya pada Badan Publik tersebut. Setelah itu, tim Monev dari KI Pusat akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi apakah data isian Badan Publik telah sesuai.

Acara Presentasi dan Pemaparan ini dilaksanakan dalam beberapa hari, dibagi menjadi beberapa kategori. Khusus untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri dijadwalkan pada hari tersebut, yaitu Selasa tanggal 9 Oktober 2018. Pelaksanaan Presentasi dan Pemaparan ini memang berkebalikan dengan proses Monev tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun-tahun sebelumnya Tim Monev dari KI Pusat yang hadir ke masing-masing instansi Badan Publik untuk melaksanakan visitasi secara langsung, pada tahun ini KI Pusat mengundang masing-masing Badan Publik peserta untuk datang ke Jakarta. Sebagai informasi, untuk Kategori Perguruan Tinggi Negeri terdapat sekitar 90 PTN dari seluruh indonesia yang diundang untuk hadir.

Dr. Sihabudin, SH. MH. dan Tim berfoto bersama dengan Perwakilan dari KI Pusat

Dalam presentasi dan pemaparannya, Bapak Dr. Sihabudin, SH., MH. yang juga merupakan Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan UB menyampaikan berbagai informasi mengenai pelayanan informasi publik yang dilaksanakan di UB. Diantaranya mengenai komitmen pimpinan UB di bidang pelayanan informasi publik, bagaimana koordinasi dalam pelaksanaan tugas pelayanan informasi publik sehari-hari, dan berbagai inovasi UB dalam bidang layanan informasi, baik secara elektronik, maupun non-elektronik.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dengan adanya acara Monev Keterbukaan Informasi di Badan Publik ini, diharapkan pelaksanaan pelayanan informasi publik menjadi semakin baik, dan semakin mendukung terjadinya transparansi dalam pelaksanaan penyelenggaraan negara. [Pr]